Minggu, 09 September 2012

Tehnik Menjawab Soal Ujian PPAT yang Tepat dan Benar


Tehnik Menjawab Soal Ujian PPAT yang Tepat dan Benar

Salah satu contoh dalam menjawab pertanyaan soal soal ujian PPAT, yaituSoal:
Apa yang dimaksud dengan Pejabat Pembuat Akta Tanah?
Jawab:
Pasal 1 butir 4 UU Nomor 4 tahun 1996 dan Pasal 1 butir 1 PP 37 tahun 1998 tentang Peraturan jabatan PPAT dan Pasal 1 butur 1 Peraturan Ka BPN Nomor 1 tahun 2006 tentang Pelaksanaan PP 37 tahun 1998 terdapat adanya perbedaan definisi atau pengertian tentang PPAT dan bagaimana jawaban yang tepat.

Definisi PPAT versi PP 37 tahun 1998 jo Peraturan Ka BPN nomor 1 tahun 2006 (Pasal 1 butir 1)
"PPAT adalah pejabat Umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik atas Satuan Rumah Susun."

Definis PPAt versi Pasal 1 butir 4 UU Nomor 4 tahun 1996 tentang Hak Tanggungan:
"PPAT adalah pejabat umum yang diberi wewenang untuk membuat akta pemindahan hak atas tanah, akta pembebanan hak atas tanah dan akta pemberian kuasa membebankan hak tanggungan menurut perundang-undangan yang berlaku"

Jawaban yang benar:
Berdasarkan Pasal 1 butir 4 UU Nomor 4 tahun 1996 jo Pasal 1 Butir 1 PP 37 tahun 1998, yang dimaksud dengan PPAT adalah "Pejabat Umum yang diberi wewenang untuk membuat akta akta otentik mengenai perbuatan hukum pemibdahan hak atas tanah atau hak milik atas satuan rumah susun, akta pembebanan hak atas tanah atau hak milik atas satuan rumah susun dan Akta Pemberian Kuasa membebankan Hak Tanggungan menurut peraturan perundang-undangan yang berlaku."
Catatan:
Setiap soal harus dijawab secara tepat, benar dan utuh
Dijawab,
oleh PIETER LATUMETEN, SH.MH

1 komentar:

  1. Maaf hanya sekedar masukan dari saya. menurut saya dengan menjawab pengertian berdasarkan PP No. 37 tahun 1998 dan Perkaban Nomor 1 tahun 2006 :"PPAT, adalah pejabat umum yang diberi kewenangan untuk membuat akta-akta otentik mengenai perbuatan hukum tertentu mengenai hak atas tanah atau Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun" sudah tepat dan benar ....dan lebih mudah untuk dingat...

    BalasHapus