Sabtu, 08 Desember 2012

Perubahan Nama PT

Senin, 12 April 2010
Pertanyaan:
Perubahan Nama PT
1. Apa syarat-syarat suatu perseroan untuk melakukan perubahan nama perseroan tersebut? 2. Contoh, PT. X mempunyai anak perusahaan PT. A dan PT. B, kemudian PT. B ingin melakukan perubahan nama PT sehingga namanya menjadi PT. A, apakah harus melalui proses merger atau dapat mengajukan perubahan nama PT saja? 3. Bagaimana dampaknya terhadap pihak ketiga seperti kepada para kreditor, supplier, dll atas merger atau perubahan nama PT tersebut? Terima kasih.
kerix


Jawaban:
http://images.hukumonline.com/frontend/lt4b9a1eb24a495/lt4f82909856ae8.jpg

  1. Pasal 16 ayat (1) Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas melarang Perseroan Terbatas (UUPT) menggunakan nama yang telah dipakai secara sah oleh perseroan lain atau sama pada pokoknya dengan nama perseroan lain. Aturan ini dipertegas dalam pasal 5 ayat (1) Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 1998 tentang Pemakaian Nama Perseroan Terbatas yang mengatur bahwa suatu nama tidak dapat dipakai oleh perseroan terbatas apabila telah dipakai secara sah oleh perseroan lain atau mirip dengan nama perseroan lain. Jadi, PT B tidak dapat mengubah namanya menjadi PT A, karena nama tersebut sudah dipakai sebelumnya oleh PT A.
 
  1. Opsi yang dapat dilakukan adalah PT B menggabungkan diri pada PT A. Dengan penggabungan ini, PT B menjadi bubar, dan hanya PT A yang tersisa. Hal ini sesuai dengan Pasal 122 ayat (1) UUPT.
 
  1. Akibat hukum dari penggabungan ini, seluruh aktiva dan pasiva PT B beralih karena hukum kepada PT A (pasal 122 ayat [3] huruf a UUPT). Dengan demikian, seluruh kewajiban dan hak PT B kepada pihak ketiga beralih secara otomatis kepada PT A. 
Demikian sejauh yang kami ketahui. Semoga bermanfaat.
Dasar hukum:
  1. Undang-Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas
  2. Peraturan Pemerintah No. 26 Tahun 1998 tentang Pemakaian Nama Perseroan Terbatas
Setiap artikel jawaban Klinik Hukum dapat Anda simak juga melalui twitter sumber@klinikhukum, atau facebook Klinik Hukumonline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar