Rabu, 28 Agustus 2013

10 Tips untuk Enterprener baru

10 Tips untuk Entrepreneur Baru
Nggak terasa udah 5 Tahun saya nyemplung menjadi entrepreneur dan sudah cukup banyak pelajaran yang saya ambil. Terutama saat memulai, pastikan Anda punya 10 hal berikut ini:
1. Rencana dan Visi ke depan
Sebagai penulis, saya terbiasa membuat outline, sehingga biarpun saya menulis seperti orang gila dan cerita berkembang tak beraturan, saya bisa kembali melihat outline saya dan kembali back on track.
Have no plan itu memang kadang bagus juga ya karena saya dan Angel spontan memulai Kutukutubuku.com tanpa rencana sama sekali, murni action semata haha. Tapi beberapa bulan kemudian kami menyadari kalo kami benar-benar butuh rencana dan visi yang akan memperjelas langkah-langkah apa yang harus kami ambil agar sejalan dengan visi dan misi kami.
2. Carilah orang-orang yang mendukung ide kita
Kebayang dong kalo baru bikin rencana udah dijatuhin duluan, tentu plan kita apapun itu nggak bakal terjadi. Carilah orang-orang yang sejalan dan mendukung ide kita, sehingga motivasi itu tetap ada di dalam diri kita bahkan tumbuh lebih besar lagi. Caranya, silahkan gabung dengan komunitas.
3. Cari partner
Untuk yang benar-benar newbie di bidang bisnis seperti saya, maka sangat bagus untuk memiliki partner. Susah senang ditanggung bersama. Brainstorm juga lebih enak. Suami atau istri bisa juga dijadikan partner bisnis terbaik.
4. Cari mentor
Silahkan berguru pada ahlinya untuk mendapatkan hasil maksimal dalam usaha Anda. Biasanya jika seseorang telah mencapai kesuksesan pada level tertentu, mereka akan bersedia membantu teman-teman yang baru memulai.
5. Raih momentum
Terus berinovasi dengan produk-produk Anda, sehingga perusahaan Anda tidak akan pernah ‘basi’ di mata customer maupun media.
6. Pasarkan bisnis Anda
Anda baru saja menjadi entrepreneur dan tiba-tiba merasa malu jika harus memasarkan produk. Well, Anda tidak bisa mengharapkan pelanggan datang dengan sendirinya kan?
7. Amati kompetitor
Kadang memang kesal dengan kompetitor, tapi sangat penting untuk menganalisa sepak terjang mereka dan lihat di bagian mana kita bisa improve kekurangan mereka dan mengaplikasikannya di bisnis kita sendiri.
8. Atur keuangan
I’m no accountant, tapi partner saya bisa melakukannya. That’s a good thing. Jika Anda tidak punya partner, Anda bisa membayar seorang akuntan untuk melakukannya untuk Anda. It’s worthed every single Rupiah you spend.
9. Network
Jalin network dimana-mana, pada akhirnya orang-orang ini lah yang akan memberimu ‘business’. That’s what happened to me.
10. Have FUN
Seperti kata seorang CEO bisnis online terkenal, “No fun? Business out!”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar