Rabu, 16 Oktober 2013

PENGUMUMAN DAN FORMASI PPAT 2013

PENGUMUMAN DAN FORMASI PPAT 2013

PENGUMUMAN TENTANG PENDAFTARAN UJIAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH TAHUN 2013

7 Oktober 2013.
Liputan Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

PENGUMUMAN
NOMOR 11/Peng-300.17/IX/2013
TENTANG
PENDAFTARAN UJIAN PEJABAT PEMBUAT AKTA TANAH TAHUN 2013

Diberitahukan, bahwa berdasarkan Keputusan Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 688/KEP-100.17.3/IX/2013 Tanggal 27 September 2013 tentang Penyelenggaraan Ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah Tahun 2013, Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia akan menyelenggarakan Ujian Penerimaan bagi calon Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Tahun 2013 bertempat di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. PERSYARATAN PENDAFTARAN
    1. Persyaratan Administrasi Surat permohonan calon peserta ujian PPAT tahun 2013 ditujukan kepada Ketua Panitia Penyelenggara Ujian Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) Tahun 2013, dengan melampirkan:
      1. Pas photo berwarna dengan berlatar belakang biru ukuran 4 x 6 cm sebanyak 3 (tiga) lembar (dimasukan dalam plastik bening dan diberi nama calon peserta ujian);
      2. Fotocopy Kartu Penduduk (KTP) /Paspor yang masih berlaku;
      3. Bukti pendaftaran ujian PPAT secara online;
      4. Fotocopy ijazah Strata Satu yang dilegalisir oleh Universitas Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik;
      5. Fotocopy ijazah Program Pendidikan Spesialis Notariat atau Magister Kenotariatan yang dilegalisir oleh Universitas Rektor/Dekan/Pembantu Dekan Bidang Akademik;
      6. Pernyataan pilihan daerah kerja PPAT di atas materai Rp. 6000,-;
      7. Peserta ujian yang telah menjabat Notaris agar melampirkan fotocopy SK Pengangkatan dan Berita Acara Sumpah Jabatan Notaris yang telah dilegalisir;
      8. Bukti Pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) untuk Pendaftaran Ujian PPAT sesuai Peraturan Pemerintah RI Nomor 13 Tahun 2010 sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah).
    2. Persyaratan Khusus
      1. Warga Negara Indonesia;
      2. Usia calon peserta ujian PPAT Tahun 2013 paling kurang 30 (tiga puluh) tahun pada tanggal 31 Desember 2013;
      3. Sehat Jasmani dan Rohani;
      4. Berkelakuan Baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan yang berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap;
      5. Berkaitan dengan angka 3 dan 4, bukti surat keterangan dimaksud dilampirkan pada saat peserta ujian PPAT Tahun 2013 dinyatakan lulus untuk proses pengangkatan PPAT.
  2. PENDAFTARAN
    1. Pendaftaran ujian calon PPAT secara online dibuka mulai hari Selasa tanggal 8 Oktober 2013 s/d hari Jumat tanggal 25 Oktober 2013.
    2. Pendaftaran dilakukan melalui website Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia dengan alamat http://ppat.bpn.go.id.
    3. Calon peserta ujian PPAT wajib mencetak bukti pendaftaran ujian secara online berupa nomor registrasi pendaftaran melalui sistem.
    4. Calon peserta ujian PPAT wajib membayar uang PNBP sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2010 sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) melalui nomor rekening giro AC.126-0003018297 Bank Mandiri Cabang Jakarta Kementerian Pekerjaan Umum atas nama Bendahara Penerimaan BPN RI dan dengan mengisikan "UPPAT-nomor registrasi" pada kolom berita.
    5. Untuk memudahkan pencetakan bukti pembayaran PNBP, calon peserta ujian PPAT Tahun 2013 melakukan pembayaran langsung melalui Bank dan tidak menggunakan metode pembayaran seperti Internet Banking, SMS Banking atau melalui ATM.
    6. Pembayaran PNBP sebagaimana dimaksud pada angka 4, dilaksanakan mulai Selasa tanggal 8 Oktober 2013 s/d hari Jumat tanggal 25 Oktober 2013.
  3. PENGIRIMAN BERKAS PENDAFTARAN
    1. Surat permohonan beserta berkas persyaratan administrasi dikirim melalui jasa pengiriman tercatat ke Panitia Pelaksana Ujian PPAT Tahun 2013 Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Jl. Sisingamangaraja No. 2 Kebayoran Baru Jakarta Selatan mulai hari Selasa tanggal 8 Oktober 2013 dan paling lambat diterima Panitia Ujian hari Jumat tanggal 1 November 2013 pukul 16.00 WIB.
    2. Surat permohonan beserta berkas persyaratan administrasi disusun rapi sesuai urutan sebagaimana Huruf A angka I Persyaratan Administrasi dari nomor 1 s/d 8 dalam map, dengan ketentuan sebagai berikut:
      1. Warna Merah Tua, bagi calon peserta ujian PPAT yang sudah menjabat sebagai Notaris;
      2. Warna Biru Tua, bagi calon peserta ujian PPAT yang belum menjabat sebagai Notaris.
      dan dimasukan dalam amplop coklat dengan dituliskan ”Ujian PPAT Tahun 2013” pada pojok kanan atas amplop.
    3. Berkas permohonan ujian PPAT Tahun 2013 yang tidak lengkap dan/atau tidak disertai nomor registrasi pendaftaran secara online dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi dan tidak dapat mengikuti ujian.
  4. PENGUMUMAN HASIL SELEKSI ADMINISTRASI
    1. Peserta ujian PPAT yang lulus seleksi administrasi diumumkan melalui website Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia untuk selanjutnya mengikuti ujian tertulis.
    2. Pengumuman melalui website dianggap sebagai surat panggilan ujian.
    3. Peserta ujian PPAT yang lulus seleksi administrasi, diwajibkan mengunduh tanda peserta ujian PPAT Tahun 2013 melalui website Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.
  5. PELAKSANAAN UJIAN
    1. Waktu dan Tempat Ujian:
      1. Jadwal pelaksanaan ujian calon PPAT Tahun 2013 pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 23 dan 24 November 2013;
      2. Tempat pelaksanaan ujian calon PPAT Tahun 2013 di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
      3. Materi Ujian:
        1. Hukum Pertanahan Nasional;
        2. Organisasi dan Kelembagaan Pertanahan;
        3. Pendaftaran Tanah;
        4. Peraturan Jabatan PPAT;
        5. Pembuatan Akta PPAT;
        6. Etika Profesi.
      4. LAIN-LAIN
        1. Calon peserta ujian PPAT Tahun 2013 memilih daerah kerja sesuai dengan formasi daerah kerja PPAT sebagaimana dimaksud pada Daftar Formasi PPAT Yang Terbuka Untuk Ujian PPAT Tahun 2013 (Lampiran III).
        2. Formasi yang tidak disebutkan pada Daerah Kerja PPAT dalam Lampiran III, tertutup untuk pendaftaran ujian PPAT Tahun 2013.
        3. Badan Pertanahan Nasional RI tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Badan Pertanahan Nasional RI atau Panitia Ujian PPAT 2013, sehingga peserta diharapkan tidak melayani tawaran untuk mempermudah penerimaan PPAT Tahun 2013.
      Demikian untuk menjadi perhatian.



Lampiran:

  • Pengumuman Ujian
  • Lampiran I Contoh Surat Permohonan Ujian
  • Lampiran II Surat Pernyataan Pilihan Daerah Kerja
  • Lampiran III Daftar Formasi, klik link dibawah ini

  • FORMASI ppat 2013

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar